Sepeda Santai Digelar di Tol Akses Tanjung Priok

09 April 2017  |  09:28 WIB
Share this post :
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar acara sepeda santai di Tol Akses Tanjung Priokdi Tol Akses Tanjung Priok.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar acara sepeda santai di Tol Akses Tanjung Priokdi Tol Akses Tanjung Priok.

Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono mengatakan, ajang ini sekaligus syukuran atas selesainya pembangunan tol yang dibangun sejak 2008 ini.

"Tidak mudah membangun jalan tol di tengah kota. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa diresmikan dan dioperasikan," ujarnya saat pembukaan acara, Minggu (9/4).

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti, Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadie Moerwanto, Kepala Balitbang Danis Sumadilaga.

Menteri meyakini keberadaan tol yang tersambung dengan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) ini dapat memecahkan kemacetan yang kerap terjadi di kawasan Tanjung Priok, dan membantu distribusi logistik dari pelabuhan.

Tol Akses Tanjung Priok sepanjang 11,4 kilometer ini terdiri dari lima seksi, dan dibangun dengan pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA). Biaya konstruksi dan pengadaan tanahnya mencapai total Rp5 triliun.

Adapun kontraktor pelaksananya terdiri dari Kerja Sama Operasi (KSO) kontraktor Jepang dan Indonesia, yaitu Kajima, Kobayashi, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.