Menteri Basuki Hadiri Pameran Foto Infrastruktur

22 Oktober 2017  |  20:05 WIB
Share this post :
Jakarta--Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri pameran foto dengan tema Menjelajah Infrastruktur Indonesia, Membingkai Momen Infrastruktur Indonesia di Summarecon Mall Bekasi, Minggu sore (22/10/2017).

Jakarta--Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri pameran foto dengan tema Menjelajah Infrastruktur Indonesia, Membingkai Momen Infrastruktur Indonesia di Summarecon Mall Bekasi, Minggu sore (22/10/2017). Tiba dilokasi, Menteri Basuki disambut oleh Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo selaku penyelenggara.

Usai peninjauan karya foto, Menteri Basuki berbagi pengalaman dengan para pemenang lomba yakni Fadil Azis Juara I Kategori Profesional menggunakan drone dan Restu Riyanto Universitas Indraprasta Juara 2 Kategori Pelajar Zona Barat menggunakan kamera digital serta fotografer Jerry S. Justianto.

Menurut Menteri Basuki, pameran foto tersebut tidak hanya dilihat dari sisi fotografi atau seninya saja, tapi juga menjadi bentuk laporan mengenai kinerja kabinet kerja selama tiga tahun kepada masyarakat. Lebih lanjut dikatakannya melalui fotografi kita bisa melihat berbagai sudut pandang (angle).

"Fotografi itu melukis dengan cahaya. Dengan objek yang sama, setiap fotografer akan mendapatkan hasil yang berbeda. Saya penggemar fotografi. Untuk itu saya belajar betul mengenai fotografi dan mengikuti kursus mulai dari kursus tingkat dasar, menengah hingga ahli. Walaupun tidak bagus tapi saya ingin melakukan dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Menteri Basuki mengakui masih membawa kamera dalam perjalanan kunjungan kerja ke daerah, perbatasan, daerah-daerah terpencil, untuk mengabadikan momen di daerah-daerah tersebut.

"Salah satu momen bagus yaitu saat saya ke hutan di Papua. Pukul 2 pagi berangkat ke hutan, jam 5 pagi lihat Burung Cendrawasih bermain sampai pukul 5.30, setelah itu mereka sudah hilang. Itu saya abadikan. Dengan membawa kamera kita bebas bergerak. Saat ini saya tengah mengumpulkan foto-foto, nanti saya akan pilih mana yang dapat disertakan dalam pameran," tambahnya.

Ketika ditanyakan mengenai foto yang menarik, Menteri Basuki menjelaskan bahwa foto harus dapat berbicara. Foto infrastruktur akan lebih hidup jika menunjukan manfaat untuk masyarakat. Dicontohkannya, bendungan dengan kegiatan masyarakat memancing ikan. Serta, infrastruktur jalan dengan pengguna jalan. 

Foto-foto infrastruktur yang ditampilkan terdiri dari transportasi, komunikasi, energi, air (bendungan, irigasi, air minum sanitasi, pengendali banjir), perumahan.

Dalam diskusi tersebut, Menteri Basuki juga menyampaikan pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Kementerian PUPR dalam rangka mewujudkan Nawa Cita Pemerintahan Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pameran foto tersebut menampilkan 69 foto dari sekitar 2100 foto yang dihasilkan oleh 800 peserta.  Pagi harinya juga diselenggarakan lomba mewarnai untuk anak-anak usia 5-8 tahun. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Menteri Basuki.

Hadir dalam acara tersebut Kepala BPJT Herry TZ dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja. (*)