Asian Games 2018 : Kementerian PUPR Yakin Infrastruktur Pendukung Rampung Sesuai Target

23 Juli 2017  |  19:53 WIB
Share this post :
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat meyakini pekerjaan pembangunan infrastruktur pendukung Asian Games rampung sesuai target pada akhir tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat meyakini pekerjaan pembangunan infrastruktur pendukung Asian Games rampung sesuai target pada akhir tahun ini.

Infrastruktur yang tengah dibangun antara lain renovasi venue olahraga di Komplek Gelora Bung Karno (GBK), pembangunan wisma atlet baik di Kemayoran-Jakarta dan Jakabaring-Palembang serta penataan kawasan GBK dan wisma atlet Kemayoran.

Ketua Satgas Infrastruktur Asian Games 2018 Imam S Ernawi mengatakan progres konstruksi venue di GBK rata-rata telah mencapai 49%. Beberapa di antaranya hampir rampung yakni Lapangan Hoki, Lapangan Panahan, dan Sepak Bola A/B/C telah mencapai 99,5%, Stadion Tenis Indoor dan Outdoor telah sampai progres konstruksi 98,8%, serta Wisma Atlet yang rata-rata sudah 94%.

"Semua venue akan selesai pada Desember 2017 dan siap untuk test event. Sedangkan untuk penataan kawasan baru dimulai namun kami optimis semua selesai pada akhir tahun," ujarnya, seperti dikutip, Minggu (23/7/2017).

Dia menjelaskan, untuk pekerjaan penataan kawasan, penandatanganan kontraknya telah dilakukan pada pertengahan Mei 2017 dengan progres saat ini sebesar 5 persen.

Kontraktor diminta untuk bekerja cepat namun tetap memperhatikan kualitas, mengingat waktu pekerjaan yang cukup singkat, yakni hanya sekitar 6,5 bulan sesuai kontrak yang ditargetkan selesai Desember 2017. Selain itu dia meminta pekerjaan dilakukan dengan rapi dan terorganisir, terutama dalam aspek keselamatan kerja.

Menurutnya, pemilihan material konstruksi dan tanaman yang berkualitas menjadi sebuah keharusan, karena pekerjaan ini tidak hanya untuk kepentingan jangka pendek pelaksanaan Asian Games XVIII 2018, namun akan menjadi ruang publik sebagai ikon baru ibukota Jakarta dan kebanggaan rakyat Indonesia.

Kawasan GBK

Pekerjaan penataan kawasan GBK terbagi menjadi dua paket pekerjaan, yakni paket Zona 1 dan Zona 2. Untuk paket pekerjaan Zona 1 ditangani oleh PT. Adhi Karya (Persero) dengan nilai kontrak Rp 253,8 miliar dan paket pekerjaan Zona 2 ditangani oleh PT. Waskita Karya (Persero), Tbk dengan nilai kontrak Rp 323 miliar.

Sementara, untuk pembangunan venue olahraga layar di Pantai Festival Ancol dan venue olahraga jetski di Pantai Indah Ancol sudah dilakukan persiapan. Untuk kedua venue ini dialokasikan anggaran sebesar Rp 73,5 miliar.

Kementerian PUPR juga membangun 10 tower wisma atlet di Kemayoran yang memiliki 7.426 unit kamar. Progresnya hingga bulan Juli 2017 telah mencapai 95,67%. Sesuai kontrak, pembangunannya akan selesai pada bulan Agustus 2017.

Wisma atlet akan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung seperti meubelair, tempat tidur, meja dan kursi, pendingin udara serta pemanas air, agar para atlet bisa tinggal dengan nyaman selama ajang Asian Games 2018 berlangsung. Besaran unit adalah type 36 dengan 2 kamar yang dilengkapi dengan ruang tamu dan dapur, serta akan ditempati oleh 2 orang atlet.

Selain venue-venue di GBK Jakarta, pembangunan dua venue olahraga juga dilakukan di Palembang. Perluasan Danau Jakabaring untuk olahraga dayung, konstruksinya saat ini sudah mencapai 42 persen dengan target selesai Desember 2017. Untuk olahraga menembak (shooting range), konstruksinya sudah mencapai 45 persen dan akan rampung pada Bulan September tahun 2017.